Resep Mapo Tofu

Image
  Mapo Tofu atau mapo tahu. Masakan khas Negeri Tiongkok daerah Shi Chuan yang terkenal dengan rasa pedasnya. Bahan utamanya adalah Tahu.  Setelah melakukan percobaan beberapa kali dengan bahan-bahan yang sederhana dan seadanya di dapur, saya ingin berbagi resep dan bahan yang saya gunakan saat pembuatannya, semoga bermanfaat๐Ÿ‘๐Ÿ˜ Bahan-bahan yang harus disiapkan : 1.  Tahu atau Tofu (saya menggunakan tahu biasa☺ 2.  Cingcang daging sapi/ ayam (saya menggunakan cingcang sapi kurban ๐Ÿ˜) 3.  Jahe 2cm 4.  Bawang putih secukupnya 5.  Bawang bombay secukupnya 6.  Bawang daun 7.  Saos Sambal (rekomendasi sambal shi chuan) 8.  Tepung Maizena 9.  Air kaldu secukupnya 10. Minyak goreng secukupnya Cara pembuatan : 1.  Potong kecil atau berbentuk dadu tahu lalu rebus sebentar 2.  Iris tipis bawang putih, jahe, dan bawang bombay lalu tumis di atas minyak yang sudah dipanaskan 3.  Masukan cincang daging ke dalam tumisan bawang putih dan bawang bombay 4.  Lalu masukan saos sambal, diaduk perlahan sam

Resep Membuat Mie

 Mi atau Mie, beda tulisan sama arti ๐Ÿ˜. Di daerahku biasanya menggunakan tulisan Mie, mau mie ayam, mie baso, mie tektek ataupun mie lainnya. Tapi ada juga yang menggunakan tulisan Mi, biasanya tukang bakso keliling yang sering lewat depan rumahku.

Sejarah mie ternyata sudah cukup lama ditemukan oleh peradaban manusia. Berdasarkan tulisan di wikipedia, mie ditemukan oleh Dinasti Han Timur antara tahun 25 dan 220 Masehi. Pada Bulan Oktober tahun 2005 Mie tertua yang diperkirakan berusia 4000 tahun ditemuka di daerah Qinghai, Tiongkok.

Lama juga yah...๐Ÿ˜ฏ OOOooooooo...๐Ÿ˜ฑ

Itu sekilas tentang Mie. Nah disini saya ingin berbagi Ilmu dan pengalaman saya membuat mie yang terbuat dari tepung terigu. Ternyata susah-susah gampang. 

Percobaan awal gagal, adonan tidak kunjung kalis karena terlalu banyak air. Percobaan kedua berhasil, karena air yang dicampurkan tidak langsung dimasukan semua. Masukan air secara perlahan dan secukupnya, agar adonan cepat kalis. Langsung saja ke bahan dan cara pembuatannya :

Bahan yang harus disiapkan :

1. Tepung terigu secukupnya atau 250gr

2.  Telur Ayam satu buah (buat mi telor), tanpa telur pun bisa

3.  Garam atau penyedap sesuai selera

4.  Air minum secukupnya


Cara pembuatan :

1.  Masukan tepung ke dalam wadah, campurkan garam atau penyedap, yang mau buat mi telur, campurkan telur ke dalam adonan. Untuk penggunaan tepung, contoh dari 250gr, sisihkan sekitar 50gr. Sisa tepung tersebut digunakan pada saat proses pengadukan agar cepat kalis. 

2.  Setelah bahan tercampur aduk perlahan sembari di berikan air sedikit demi sedikit. Berikan tepung sisa tadi sedikit demi sedikit agar adonan cepat kalis

3. Setelah adonan kalis, simpan adonan lalu tutup dengan plastik kurang lebih 30 menit

3. Setelah 30 menit, adonan tinggal di tipiskan menggunakan alat pembuat mie atau dengan cara digiling menggunakan botol kaca bekas minuman

5.  Setelah tipis, bentuk adonan tersebut menjadi mie menggunakan alat pembuat mie atau dengan cara dipotong menggunakan pisau. Agar tidak menempel pada alat pembuat mie, taburkan tepung secara perlahan.

6. Jadilah mie dengan resep rumahan


Cara Pengolahan Mie :

1.  Untuk pengolahan mie, siapkan air di dalam panci sampai mendidih

2.  Setelah mendidih, masukan mie yang sudah dibuat. Jangan terlalu lama, sekitar dua menitan atau setengah matang.

3.  Sambil menunggu, siapkan air dan es batu di baskom atau wadah lainnya

4.  Setelah mie direbus selama dua menit atau setengah matang, masukan mie tersebut ke dalam wadah berisi air dan es batu. Hal ini dilakukan agar mie tidak menggumpal atau lengket

5.  Setelah didiamkan di dalam air es, baru dimasak kembali. Silahkan menggunakan resep apa saja untuk pengolahan mie tersebut, mau dibuat mie tek-tek, mie goreng,  Mapo mie Resep Mapo Mie silahkan klik link tersebut.


Demikian Resep, Cara pembuatan dan cara pengolahan mie dengan bahan dan cara yang sederhana. Selamat mencoba dirumah.




Comments

Popular posts from this blog

Resep Mapo Tofu

HIDROPONIK CIAMIS

Resep Bok Choy Saus Tiram