Resep Mapo Tofu

Image
  Mapo Tofu atau mapo tahu. Masakan khas Negeri Tiongkok daerah Shi Chuan yang terkenal dengan rasa pedasnya. Bahan utamanya adalah Tahu.  Setelah melakukan percobaan beberapa kali dengan bahan-bahan yang sederhana dan seadanya di dapur, saya ingin berbagi resep dan bahan yang saya gunakan saat pembuatannya, semoga bermanfaat๐Ÿ‘๐Ÿ˜ Bahan-bahan yang harus disiapkan : 1.  Tahu atau Tofu (saya menggunakan tahu biasa☺ 2.  Cingcang daging sapi/ ayam (saya menggunakan cingcang sapi kurban ๐Ÿ˜) 3.  Jahe 2cm 4.  Bawang putih secukupnya 5.  Bawang bombay secukupnya 6.  Bawang daun 7.  Saos Sambal (rekomendasi sambal shi chuan) 8.  Tepung Maizena 9.  Air kaldu secukupnya 10. Minyak goreng secukupnya Cara pembuatan : 1.  Potong kecil atau berbentuk dadu tahu lalu rebus sebentar 2.  Iris tipis bawang putih, jahe, dan bawang bombay lalu tumis di atas minyak yang sudah dipanaskan 3.  Masukan cincang daging ke dalam tumisan bawang putih dan bawang bombay 4.  Lalu masukan saos sambal, diaduk perlahan sam

Merakit Sepeda Dengan Modal dibawah Rp 1 juta

Saat ini hoby sepeda muncul di berbagai wilayah Indonesia. Komunitas bermunculan disetiap daerah. Mulai dari anak kecil, remaja sampai dewasa hobinya adalah bermain sepeda atau "gowes" kata para pecinta sepeda didaerahku. Disini saya hanya ingin berbagi pengalaman saya dalam membangun sepeda dengan budget yang murah meriah.
Awalnya saya berencana untuk membeli sepeda baru. Targetnya sepeda lipat atau biasa di sebut folding bike, hanya budget saya tidak cukup. Lalu saya cari sepda baru dengan budget yang disesuaikan dengan kantong, tapi bentuk dan spesifikasi tidak sesuai dengan keinginan. Akhirnya saya memutuskan untuk membangun sendiri sepeda. Dan saya memutuskan untuk membangun sepeda fixie/ fixed gear. Pencarian dimulai dengan mencari kerangka sepedanya. Setelah keliling mencari kerangka yang cocok, akhirnya ketemu juga. Kerangka sepeda fixie atau fixed gear, harganya Rp400.000,- sudah termasuk velg,stang balap dan stang biasa.
niatnya buat cari kerangka aja, dapetnya sepeda utuh. 
Rencana awal adalah repaint dengan warna yang sama. Anggaran :
-  cat poxy. Rp35.000,-
-  cat dasar (putih) Rp35.000,-
-  cat utama (kuning) Rp35.000,-
-  cat clear  Rp 40.000,-
TOTAL Rp 145.000
Tapi saat beli cat, abang tukang cat nya nyaranin gak usah di poxy. Langsung aja warna putih lalu tembak dengan warna kuning terus clear. Tapi ternya hasilnya kurang memuaskan, saran saya harus tetap pake poxy, biar lebih rata cat nya. 
Sebelum di cat, jangan lupa gosok dulu bekas cat nya dengan amplas kasar nomor 240.
Selesai pengecetan, lanjut mengganti rante dan hub nya. Untuk rante cukup banyak yang jual di kota saya, nanti saya rekomendasikan toko-toko asesoris sepeda di daerah Kota Tasikmalaya. Untuk hub saya ganti dengan hub jenis torpedo.
Sebelum saya lanjutkan prosesnya, ternyata dari proses pembangaunan sepeda, saya mendapatkan ilmu terkait hub. Ternyata untuk sepeda fixie atau fixed gear terdapat dua jenis hub yang sering digunakan oleh pecinta sepeda tersebut yaitu sistem pengereman doltrap dan torpedo. Buat yang belum tahu, saya akan jelaskan sebelum kalian menyesal disaat membeli salah satu dari kedua hub tersebut.

     1.  Sistem pengereman Doltrap
Sistem pengereman doltrap dengan sistem pengereman torpedo sangatlah berbeda. Untuk sistem pengereman doltrap disaat sepeda melaju dan kaki berhenti mengkayuh maka sepeda akan berhenti atau kecepatan sepeda akan berkurang. apabila dikayuh terus kebelakang maka sepeda akan melaju mundur. Doltrap sering digunakan oleh para pecinta sepeda fixie.

     2.  Sistem pengereman Torpedo
Untuk sistem pengereman torpedo berbeda, apabila sepeda sedang melaju dan kita berhenti mengayuh, maka sepeda akan tetap berjalan dan ketika kita mengayuh pedal kebelakang maka kampas rem yang terdapat di dalam HUB akan mengembang dan perlahan menahan laju sepeda sehingga berhenti. untuk torpedo tidak dapat melaju sampai belakang, kayuhan akan mengunci sendiri ketika kita mengayuhkan pedal ke belakang dan berhenti total

Selain itu khusus orang tasik pecinta sepeda ada beberapa toko yang saya kunjungi. Sebelumnya saya benar-benar kurang tahu tentang toko sepeda yang menjual asesoris dan perlengkapan lainnya. Berikut toko-toko nya :
 1.  Toko Merdeka (kalau gak salah ya...) terletak di dekat Pasar Pancasila Tasikmalaya, sebelum Bank BRI Syariah apabila dari arah Dadaha
2.  Toko Sepeda Perkasa (Jl. Veteran No.5, Yudanagara, Kec. Cihideung, Tasikmalaya, Jawa Barat 46121) bisa dicari di Google Map
3.  Prima Bike Shop (Jl. Kebon Manggu No.2D, RT.3/RW.3, Yudanagara, Kec. Cihideung, Tasikmalaya, Jawa Barat 46121)
4.  Spedia Toko Sepeda Tasikmalaya (Jl. Mitra Batik No.160, Panglayungan, Kec. Cipedes, Tasikmalaya, Jawa Barat 46134

Lumayan jadi tahu tempat, ini buat kalian yang baru terjun ke dunia sepeda seperti saya๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜‹

Berikut penampakan hasil bangun sepeda sendiri dengan anggaran seadanya :





Biaya yang sudah dikeluarkan :
-  Pembelian kerangka  Rp 400.000,-
-  Pembelian rante         Rp   35.000,-
-  Bungkus Jok              Rp   15.000,-
-  Bartape stang             Rp   30.000,-
-  Cat putih                    Rp   35.000,-
-  Cat Kuning                Rp   35.000,-
-  Clear                          Rp   40.000,-
   TOTAL                        Rp  590.000

Buat kalian yang belum bisa menentukan sepeda apa yang mau digunakan selain seli atau MTB atau sepeda fixie (fixed gear)?๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜Ž
buat sumber inspirasi sepeda fixie, bisa lihat di instagram. seperti di @fixielifejakarta @fixiedpoets @brooklyn_fixedgear @patrickfixieking @fixiegaragebali dan masih banyak lagi tinggal di pilih.

Terima kasih

#salamgowes





Comments

  1. cukup inspiratif mas, di tasik ada club khusus sepeda fixie ga ?

    ReplyDelete
  2. Lebih simple seli om, tpi hrganya lumayan

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Resep Mapo Tofu

HIDROPONIK CIAMIS

Resep Bok Choy Saus Tiram