Resep Mapo Tofu

Image
  Mapo Tofu atau mapo tahu. Masakan khas Negeri Tiongkok daerah Shi Chuan yang terkenal dengan rasa pedasnya. Bahan utamanya adalah Tahu.  Setelah melakukan percobaan beberapa kali dengan bahan-bahan yang sederhana dan seadanya di dapur, saya ingin berbagi resep dan bahan yang saya gunakan saat pembuatannya, semoga bermanfaat👍😁 Bahan-bahan yang harus disiapkan : 1.  Tahu atau Tofu (saya menggunakan tahu biasa☺ 2.  Cingcang daging sapi/ ayam (saya menggunakan cingcang sapi kurban 😁) 3.  Jahe 2cm 4.  Bawang putih secukupnya 5.  Bawang bombay secukupnya 6.  Bawang daun 7.  Saos Sambal (rekomendasi sambal shi chuan) 8.  Tepung Maizena 9.  Air kaldu secukupnya 10. Minyak goreng secukupnya Cara pembuatan : 1.  Potong kecil atau berbentuk dadu tahu lalu rebus sebentar 2.  Iris tipis bawang putih, jahe, dan bawang bombay lalu tumis di atas minyak yang sudah dipanaskan 3.  Masukan cincang daging ke dalam tumisan bawang putih dan bawang bombay 4.  Lalu masukan saos sambal, diaduk perlahan sam

HIDROPONIK CIAMIS

       Disini saya hanya ingin mengungkapkan kekesalan dan juga kebahagian di tanggal 29 Nopember 2015. Alasana saya harus kesal, dikarenakan pada saat sata tertarik dengan dunia hidroponik ternyata di kota saya tidak ada. Setelah mencoba mencari di bah google juga tidak ada yang menyediakan informasi tentang hidroponik di Kab Ciamis dan Kota Tasikmalaya. Mungkin ada, hanya saja belum di posting di internet. Dengan memposting tentang Hidroponik Ciamis, saya berharap ada orang-orang yang bermunculan dan berkomentar dan sekaligus memamerkan hasil hidroponik mereka yang menunjukan bahwa peminat hidroponik di Ciamis atau Tasikmalaya itu ada.
      Kekesalan itu mulai sejak tanggal 02 September 2015, saya mencari cara bagaimana hidroponik itu. Bagaimana memulainya, apa saja yang saya perlukan, air apa yang saya harus pakai. pertanyaan-pertanyaan itu selalu mengisi kegiatanku sehari-hari. Walaupun saya bekerja, setiap hari saya memikirkan hal tersebut. Sehingga suatu hari, saya mencoba datang ke toko pertanian di Pasar Ciamis dan saya mencoba berkonsultasi. Hasilnya nol besar, mereka tidak tahu. akhirnya saya putuskan membeli beberapa benih,seperti benih seladah bokor dan bayam. Selain itu saya membeli nutrisi yang berbentuk cairan yang menurut keterangan pedagangnya bagus untuk hidroponik.
          Di pertengahan September 2015, saya mencoba membuat media tanam hidroponik menggunakan aqua botol bekas dan sedikit busa bekas jok motor. Pada saat semai, lumayan berhasil benih bayam tumbuh di busa, dalam tiga hari.

(Penampakan Nutrisi yang saya beli dari toko pertanian dan benihnya, hanya saja tidak cocok untuk hidroponik)


(Penampakan nutrisi dan benihnya)




(ini penampakan pada saat proses semai, tanpa menggukanan ilmu pengetahuan yang benar, asal-asalan >.<)



(penampakan untuk media tanamnya, sudah siap)


(percobaan hidroponik menggukana pohon tomat yang sudah jadi di tanah, tapi hasilnya malah mati dan tidak kaluar tomat satu pun T.T......ternyata hidroponik itu tidak bisa hanya menggukana air saja)









(Kecuali kangkung ini, saya membuat percobaan menggunakan campuran air dan nutrisi yang tadi saya beli, hanya saja tidak maksimal hasilnya. Tanamannya tidak dapat tumbuh lagi, berhenti di ukuran itu)


 (Akhirnya kangkung itu saya pindahkan ke tanah, termasuk benih kangkung tadi yang gagal. Setelah itu saya berfikir untuk berhenti mencoba hidroponik, karena sungguh kecewa tidak dapat membuatnya berhasil). Saya mencoba mencari kembali terkait ilmu hidroponik pada bulan Oktober 2015, saya mencoba masuk ke forum-forum hidroponik di facebook, twitter dan blog-blog yang katanya berhasil menjadi pengusaha hidroponik. 
       Setelah beberapa lama saya mencari, saya menemukan beberapa blog yang cukup bermanfaat yaitu petaniteguh.blogspot.co.id dan hidroponikbandung.com. Setelah membaca blog dari petaniteguh.blogspot.co.id saya mendapatkan secercah cahaya tentang hidroponik. banyak ilmu yang saya dapat di sana, banyak sekali pertanyaan yang ajukan di awal tadi, terjawab disana. Setelah mencoba berkonsultasi saya menemukan rahasianya, yaitu untuk nutrisi yang dipakai adalah nutris AB Mix. Lalu saya membeli nutrisi khusus hidroponik itu di hidroponikbandung.com. Awalnya saya curiga barang tidak akan datang kerumah setelah saya transfer uangnya, tetapi setelah mencoba membelinya ternyata barangnya datang juga. dengan harga Rp 20.000,- ongkos kirim Rp 9.000,- total Rp 29.000,- he........




(Penampakan nutrisi AB Mix yang saya beli)


(Penampakan setelah mencoba AB Mix)


(Penampakan setelah mencoba AB Mix)



(Hasil Bibit yang saya tebarkan di tanah, menumpuk...puk...puk......menurut orang-orang itu salahh.)







     Dan Inilah kebahagiaan saya di tanggal 29 Nopember 2015 bayam pun sudah siap panen, daunnya cukup lebar dan siap untuk di buat sayur. Setelah saya bandingkan, ternyata menanam secara hidroponik dengan menanam di tanah berbeda haslinya dan lebih cepat menanam dengan cara hidroponik.
      
       Demikianlah pengalaman saya di awal ketertarikan saya pada HIDROPONIK, semoga artikel postingan saya ini dapat bermanfaat bagi orang-orang Ciamis dan Tasikmalaya. 

"Harayu urang hejokeun dunia ku HIDROPONIK"


eikofauzi90@gmail.com

















Comments

  1. Assalamualaikum...
    Kang dupi nu icalan rockwool + alat hidroponik di tasik palih mana nya.. Nju hyong nyobian tanam tanam..
    Htrnhn

    ReplyDelete
  2. DUH JURAGAN GADUH WEB OGE.... MASIH D ULAMM KANG... IEU ADI

    ReplyDelete
  3. Kang punteun, upami nu ngical peralatan hidroponik daerah ciamis tasikmalaya palih mananya?

    ReplyDelete
  4. Sekarang tersedia toko GM hidroponik di daerah ciamis yang menyediakan peralatan hidroponik lengkap beserta benih tanamannya, untuk info silahkan hubungi admin GM hidroponik 085221040735, terimakasih...

    ReplyDelete
  5. mampir ke tasik dkit kang ada di toko berkah tani, lumayan komplit persediaan buat kebutuhan hidroponik na

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih masukannya kak...InsyaAlloh sekrang lebih komplit dan terjangkau harganya

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Resep Mapo Tofu

Resep Bok Choy Saus Tiram